doniemath

selamat datang di blog pemula

Laman

Minggu, 04 Desember 2011

Hukum Mencontek

Assalamu’alaikum Wr. Wb


Dengan izin Allah SWT, Alhamdulillah Be The Best bisa hadir kembali di madding sekolah. Btw, Apa kabar ni teman-teman hari ini? Tentunya baik-baik aja kan? Semoga Allah selalu menjaga kesehatan kita.
Menyontek mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh beberapa pelajar di sekolah, tapi tau gak sich hukumnya menyontek itu? Apakah dibolehkan atau dilarang? Mau tau kelanjutannya? Simak aja terus… jangan sampe kelewat ya….
Menurut survei , kebanyakan orang menyontek disebabkan karena mereka “Tidak Belajar sehingga tidak siap menghadapi ujian.” atau “maunya enak aja, tanpa kerja keras tapi, ingin mendapat hasil yang bagus.”
Mungkin dengan menyontek kita akan mendapatkan nilai yang bagus. Tapi, kalau ketauan guru pengawas Kita bisa dikeluarkan dari tempat ujian bahkan kita tidak mendapatkan nilai. Jika menyontek tanpa ketauan guru pengawas gimana, kan nggak ketauan? Lho, kan ada Allah yang maha mengetahui apa-apa yang kita perbuat. Dan semuanya itu akan dicatat oleh dua malaikat yang mengikuti kita untuk dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Karena didalam Islam pun perbuatan menyontek itu adalah perbuatan yang tidak terpuji dan tidak diperbolehkan. Bukankah menyontek itu sama dengan berbohong.
Berbohong pada diri sendiri, guru, teman bahkan orang tua. Apakah kita tidak malu kalau kita melakukan perbuatan seperti itu? Mungkin Anda telah atau akan menghadapi ujian, bagi yang akan menghadapi ujian maka Anda harus belajar atau menyiapkan diri sebelum ujian tersebut. Bagi yang telah ujian dan Anda masih melakukan perbuatan yang disebutkan diatas, maka bertaubatlah dan jangan sampai mengulanginya lagi.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya. Sampai jumpa lagi pada pertemuan selanjutnya. Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

“Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ghaib di langit dan di bumi, dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan.”
( TQS. Al-Hujuraat : 18 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar